Pengumuman,
bahwa praktikum ICT diadakan
pada tanggal 5 dan 12 januari 2011

waktu : 10.30-12.30 , Ruang: PKSI, SIC

Kamis, 30 Desember 2010

Guru Profesional & IT








29 komentar:

  1. artinya tidak tahu, perlu penjelasan lebih lengkap serta diartikan agar lebih mudah

    BalasHapus
  2. guru yang profesional adalah seorang guru yang mempunyai kemampuan pedagogis...
    selanjutnya saya kurang paham....??????????????????

    BalasHapus
  3. (surya)

    seorang guru yang mempunyai kemampuan pedagogis..., maksud dari pedagogis tersebut mohon dijelaskan...

    BalasHapus
  4. pernah di jelaskan mengenai 4 kemampuan yang harus dimiliki guru....
    tapi perlu lebih di jelaskan lagi...
    jika salah satu tdk dimiliki bgmn?

    BalasHapus
  5. siti nur hidayati (09480110)
    maaf zaw bu, saya belum jelas dengan materi tersebut....sebelumnya terimakasih....

    BalasHapus
  6. Menjadikan pekerjaan seorang guru sebagai sebuah profesi merupakan perubahan yang spektakuler dalam dunia pendidikan kita. Sehingga guru dituntut untuk lebih profesional dalam melakukan tugasnya sebagai seorang pendidik dan pengajar.Menurut diknas, seorang guru profesional memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi Paedagogis, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.
    Kompetensi Paedagosgis merupakan kemampuan guru dal;am ilmu-ilmu pendidikan, misalnya kemampuan mengenal karakter siswa, mengenal bakat dan minat siswa, mengenal gaya belajar siswa, strrategi belajar yang tepat untuk siswa, dan sebagainya. Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang berhubungan dengan penyesuaian tugas-tugas keguruan, termasuk penguasaan materi pembelajaran, dsb. Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan seorang guru yang memiliki kepribadian yang cakap dan baik sebagai sosok yang digugu lan ditiru. Guru menjadi teladan bagi murid-muridnya, sehingga harus dapat memberi dan menjadi contoh yang baik. Kompetensi sosial, guru dituntut untuk memiliki kemampuan bermasyarakat yang baik, karena guru merupakan bagian dari masyarakat yang mendapat citra baik.
    Slide berikutnya menjelaskan tentang obyek study seorang guru yang meliputi study tentang siswa, kurikulum, instruksonal, media dan evaluasi yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran.
    Slide terakhir menguraika tentang media pembelajaran yang terdiri dari media langsung dan membutuhkan desain.
    Mungkian sekian dari saya, mohon di cross-ceck kembali jika ada kesalahan dan kekurangannya, terutama dua slide terakhir memang saya belum paha sepenuhnya, mohon lebih dijelaskan kembali....
    Trima kasih,, ^_^
    (Natiqotul Muniroh-09480080)

    BalasHapus
  7. Guru sebagai evaluator, fasilitator, dan monitor. Sedangkan siswa sebagai centre pendidikan.
    (Siti Fatimah)

    BalasHapus
  8. Butuh waktu untuk memahami materi tersebut. tolong beri sedikit penjelasannya.

    BalasHapus
  9. sebaiknya skema-skema di atas perlu dijelaskan lebih lanjut .. namun secara sekilas sudah bisa di tebak maksud-maksudnya.. intinya yg saya tau yaitu tentang bagaimana menjadi guru yang profesional yang pandai atau bisa memanfaatkan berbagai media IT.. dan dgn manajemen yg baik..
    ROFIQ IRWAN AS'ADI(09480103)

    BalasHapus
  10. siti nur hidayati (09480110)
    saya belum tahu tentang materi dalam bagan di atas, tolong dijelaskan lagi...

    BalasHapus
  11. msih bingung dengan bgan2 yang masih ruwet dan banyak....

    BalasHapus
  12. widarningsih
    masih bingung dengan bagan bagan nya..

    BalasHapus
  13. ict dewasa ini telah menjadi barang/ilmu yang wajar diketahuisehingga penerapannya dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan oleh para pendidik.

    BalasHapus
  14. masih butuh penjelasan lebih lanjut.

    BalasHapus
  15. (Afroh Nailil Hikmah)
    guru profesional harus memiliki kompetensi penguasaan terhadap peserta didik, kompetensi penguasaan kurikulum, kompetensi penguasaan media, kompetensi penguasaan konstruksional, dan kompetensi penguasaan evaluasi. selain itu sebagai seorang pendidik harus memiliki paradigma baru berkaca dari pendidikan di indonesia pada saat ini.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. masih bingung dengan bagan-bagan nya..
    perlu penjelasan lebih lanjut...

    BalasHapus
  18. apakah teori semacam itu mampu diterpkan dengan optimal di dunia pendidikan kita????????????????

    BalasHapus
  19. ane numpang nge"share" gan

    gue banget tuh gan materi diatas,,,,,

    sory agan agan "N" sista sista smua,,,,

    ane telat posting,,,

    BalasHapus
  20. (Eka Nur Wijayanti)
    antara IT dengan guru profesional memiliki keterkaitan. tetapi dari bagan- bagan yang ada di atas menurut saya masih kurang penjelasan yang lebih detail lagi.................

    BalasHapus
  21. kita buktikan profesionalitas dengan penguasaan IT.
    erni immawati/09480101

    BalasHapus
  22. Guru profesional adalah guru yang senantiasa mau belajar.......dengan hal-hal yang baru terutama untuk saat ini adalah ict dalam pembelajaran...sebagai calon guru tentunya kita harus dapat menguasai ..media ini.

    RATNA UTAMI SARI

    BalasHapus
  23. Guru profesinal adalah guru yang mampu menyeimbangkan pembelajaran dengan IT ataupun tidak menggunakan IT..Karena guru merupakan fasilitator ,pengevaluasi dan monitoring bagi peserta didik.

    BalasHapus
  24. ICT memang sangat penting dalam pendidikan.
    sehingga untuk menjadi seorang guru yang profesional perlu menguasai lebih dalam tentang IT

    BalasHapus
  25. Saya kira materi seperti itu masih sulit untuk di pahami karena masih berbentuk bagan-bagan dan penjelasannya sangat minim, butuh penjelasan yang lebih rinci supaya mudah di pahami. Penjelasan yang enak membuat gampang menjadi/menuju guru profesional.
    pertanyaannya adalah bagaimana cara menjadi guru profesional yang mampu bersaing ketat pada era sekarang????

    BalasHapus
  26. kesimpulannya adalah pernyataan tentang TIK yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh tersebut
    bahwasannya TIK memang bagian yang terlibat untuk membantu kita dalam kinerja sehari hari, baik dalam bentuk informasi ataupun non information.

    salam PGMI ciptakan legislatif masa depan dan guru bangsa..

    wassalam

    BalasHapus
  27. assalamualaikum
    kawand kawand PGMI
    pribadi mengusahakan untuk profil of profesional teacher, karena dalam diri pribadi belum ditemukan hal itu. pribadi mengusahakan untuk menumbuhkan nilai nilai profesional teacher pada pribadi sedini mungkin..
    semoga kawand kawand bersama pribadi bisa mengindahkan profil of profesional teacher di PGMI pada khususnya dan masyarakat umumnya.
    assalamualaikum...

    your love is mine
    your affection my hopeless
    your believa my affection

    BalasHapus
  28. perlu penjelasan lebih lanjut mengenai TIK , karena sebagai calon guru profesional kita harus bisa menguasai TIK.

    BalasHapus

Jadwal TIK

ICT – 2010

Pertemuan ke

Waktu

1

16 Desember 2010 (Kamis) – Bu Isti

2

23 Desember 2010 (Kamis) – Bu Isti

3

25 Desember 2010 (Sabtu)

4

28 Desember 2010 (Selasa) – on line

5

30 Desember 2010 (Kamis) – Bu Isti

6

31 Desember 2010 (jumat) – on line

7

1 Januari 2011 (Sabtu) -

8

4 Januari 2011 (selasa) – Praktik / PKSI / Mhs Eko dkk,

9

5 Januari 2011 (Selasa) – Praktik / PKSI / Mhs Eko dkk,

10

6 Januari 2011 (Kamis) – Bu Isti

11

8 Januari 2011 (Sabtu) – Presentasi 1 – Bu Isti / Mbak Zeni

12

8 januari 2011 (Sabtu) – Prsentasi 2 – Bu Isti / Mbak Zeni

13

13 Januari 2011 (Kamis) – Bu Isti

14

15 Januari 2011 (Sabtu) – Presentasi 3 – Bu Isti / Mbak Zeni

Cadangan 1

15 Januari 2011 (Sabtu) – Presentasi 4 - Bu Isti / Mbak zeni

Cadangan 2

6 Januari 2011 (Kamis) – pk. 13.00 – Presentasi 5 – Bu isti / Mbak Zeni

UTS

Akhir Desember 2010 – Take home

UAS

Catatan: 19 Januari 2011 Kuliah terakhir